Jumat, 30 September 2011


BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Tipe Penelitian
Dalam arti penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal nyata menyangkut variabel-variabel yang terjadi di lapangan.
B.     Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan Pada Masyarakat RT 01/ RW 05  di lokalisasi PSK Tanjung Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian adalah 1 (satu) bulan.
C.    Populasi dan Sampel
a.      Populasi
-          Deskripsi dan identifikasi
            Masyarakat yang tinggal di sekitar lokalisasi PSK tanjung batu merah di kecamatan sirimau kota ambon terdiri dari 67 kepala keluarga. Maka penulis menggunakan pendekatan ststus sosial untuk mengambil populasi berdasarkan tingkat pendidikan dan jabatan di RT 01 RW 05 yaitu sebanyak 20 kepala keluarga dengan tingkat pendidikan yang berbeda seperti yang lulus sekolah dasar 5 orang, SMP 5 orang, SMA 5 orang dan Perguruan tinggi 5 orang di tambah dengan 2 orang pemuka agama, dan 3 orang pemuka masyarakat.   


b.      Sampel
Berdasarkan deskripsi dan identifikasi di atas maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keluarga yang dipilih secara acak sesuai tingkat pendidikan kepala keluarga yang bermukim pada lokalisasi, sebanyak 20 orang kepala keluarga ditambah pemuka agama 2 orang, tokoh masyarakat 3 orang, sebagai responden untuk memberikan informasi penunjang dalam memperkuat informasi dari masyarakat.
D.    Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data penulis menggunakan beberapa teknik, sebagai berikut :
a.       Observasi
Teknik  observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran umum tentang keadaan wilayah aktifitas penduduk termasuk lokalisasi. Digunakan pengambilan gambar dengan camera untuk membuat dokumentasi.
b.      Kuesioner
Teknik ini digunakan dengan jalan mengumpulkan data primer lewat pengisian kuesioner (daftar pertanyaan) oleh responden.
c.       Wawancara
Teknik ini di gunakan untuk melengkapi data kuesioner.  Dengan mengajukan pertanyaan kepada responden untuk mendapatkan gambaran tentang masalah yang diteliti. 


d.      Dokumenter
Teknik ini digunakan untuk mendapatkan sejumlah dokumen yang di ambil dari lapangan.
E.     Teknik Analisis Data
Data-data  dianalisis secara deskriptif untuk menghasilkan tabel frekuensi baik tabel tunggal maupun tabel silang. Data kualitatif dianalisis secara deduktif dan induktif. Cara berpikir deduktif dengan menggunakan analisis yang berpijak dari pengertian-pengertian atau fakta-fakta yang bersifat umum, kemudian diteliti dan hasilnya dapat memecahkan persoalan khusus, sedangkan cara berfikir induktif  berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti dan akhirnya pemecahan persoalan yang bersifat umum. (Mardalis, 2009:20-21).    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar