Rabu, 26 Januari 2011

kegiatan Upacara Adat Dusun Saweli Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)


 Situasi dalam Negeri Saweli yang sangat indah dan permai yang terletak di bawah kaki gunung PATOLA kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Dan pada gambar ke dua ada 5 orang anak turunan adat yang sedang berjalan menuju kebun.

Pada gambar berikut ini tampak terlihat para Tua-tua adat Dusun Saweli sedang menyelenggarakan upacara adat Cuci Negeri yang di lakukan setiap 1 tahun sekali yang di selenggarakan pada tanggal 6 Januari 201. Serta di laksanakan Pelantikan Pengurus Sanggar Budaya Oleh Camat Taniwel.

Situasi Pelaksanaan kegiatan kegiatan upacara adat oleh Masyarakat Dusun Saweli Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat yang di selenggarakan setiap Tahun Berjalan Tepatnya Pada Tanggal 6 Januari 2011 yang biasanya di hadiri oleh pimpinan Kecamatan (Muspika),Tua-tua adat dan seluruh anak cucu Lisawele yang berada di mana saja harus pulang untuk menyelenggarakan adat tersebut dari tahun ke tahun di selenggarakan kegiatan adat tersebut Namun pada tahun 2011 ini ada perkembangan yang sangat besar ketika sudah lama para Tua-tua adat dan saniri Negeri serta seluruh masyarakat inginkan bersama yaitu pembentukan panitia sanggar Budaya maka dengan kuasa Tuhan hal itu terjadi dengan pada tanggal 6 Januari 2011 bapak Camat Taniwel (Fery Maromon) Melantik Pengurus Sanggar Budaya yang di bentuk oleh Masyarakat Negeri Tersebut.

Pada gambar berikut terlhat pada saat mulai Makan Makanan adat tetapi sebelum makan Makanan adat anak cucu makan siri pinang adat jadi bagi anak-anak yang masih kecil di pegang tetapi yang sudah dewasa harus makan siri pinang dan situasi saat pembagian siri pinang. Setelah itu permandian oleh Tua adat yang di percikan kepada seluruh anak cucu Lisawele, yang hadir pada saat itu di dalam Baeleo Sapalessy.



Setelah melaksanakan kegiatan upacara adat di Baeleo Sapalessy masyarakat seluruhnya di arahkan ke Pantai untuk memperingati 1000 tahun injil masuk di Saweli di acara pantai terlihat ada penyambutan muspika dan masyarakat dengan tarian Cakalele oleh anak-anak Remaja untuk menyambut rombongan.





Situasi pada saat Ibadah pantai memperingati hari 1000 tahun Injil masuk Saweli serta di lambangkan dengan pembakaran obor oleh Kapolsek Taniwel, Kepala  UPTD Kec. Taniwel, Kepala Desa Hulung- Saweli, Kepala Dusun Saweli, Tua Adat Saweli, Ketua Koordinator Unit Tigris dan Ketua Koordinator  Unit Efrat. Serta pada acara ini berjalan ada pembacaan sejarah Injil Masuk Di Saweli ada pun Sejarah Injil Masuk di Saweli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar